September 18, 2012


Memahami konsep geografi…
Kebumen, hampir tersebar diseluruh wilayah Indonesia terdapat dataran tinggi atau sering disebut pegunungan. Pegunungan merupakan dataran yang lebih tinggi dibandingkan daerah disekelilingnya. Biasanya jarak antara pegunungan dengan pusat pemerintahan daerah cukup jauh. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pun membutuhkan pengorbanan, dari waktu yang tersita untuk menjangkau pasar, fasilitas transportasi yang belum menjangkau daerah pegunungan tersebut, serta jalan yang dilalui belum diperbaiki. Namun sekarang sudah mulai ada pemerintah telah melakukan pembangunan, dari perbaikan jalan hingga transportasi untuk menjangkau daerah tersebut. Misalnya, angkutan desa jurusan Kebumen-Krakal, Kebumen-Pencil, Kebumen-Karangsambung, dengan adanya ini masyarakat setempat lebih mudah dalam menjangkau daerah kota.
1.      Konsep Jarak Relative
Kaitannya dengan waktu, ekonomi daerah pegunungan lebih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menuju ke pasar karena jarak yang jauh pula. Jika ada warung terdekat, harga kebutuhan pun bisa lebih mahal dibandingkan dengan harga aslinya.
2.      Konsep Keterjangkauan
Hubungan antara daerah dataran dengan pegunungan dalam hal sarana prasarana transportasi jelas berbeda, di daerah dataran tinggi jarang sekali terjangkau oleh angkutan umum.
3.      Konsep Diferensiasi Areal
Areal pegunungan identik dengan hasil pertanian dan perkebunan yang melimpah. Tanah di daerah ini subur, cocok untuk menanam tanaman palawija, sayur-sayuran, buah-buahan lainnya.
4.      Konsep Morfologi
Relief permukaan bumi disebakan oleh tenaga Endogen. Daerah pegunungan arealnya lebih tinggi dibandingkan dengan dataran rendah. Ketinggian mencapai 200m.
5.      Aspek Sosial
Adat, kebiasaan, serta kebudayaan masyarakat pegunungan lain dengan dataran rendah.
6.      Konsep Pola
Pola pemukiman di daerah dataran tinggi umumnya menyebar, jarak antar rumah yang satu dengan lainnya agak berjauhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar